boutique

A.Pendahuluan

I. Latar Belakang
Pada era globalisasi ini kebutuhan manusia akan semakin meningkat dan mengalami perubahan selera dari waktu ke waktu. Begitu pula kebutuhan akan sandang, pasti akan mengalami perubahan selera yang mengikuti mode terkini yang cenderung berkiblat pada budaya barat. Hal ini tentu dialami oleh sebagian besar orang, terutama kaum wanita yang tinggal di daerah perkotaan yang setiap harinya dituntut untuk berpenampilan cantik dan menarik.
Untuk itulah saya berinisiatif untuk mengembangkan bakat saya di dunia fashion styles dengan mendirikan sebuah butik baju-batik yang dilengkapi dengan salon kecantikan alami. Agar setiap wanita Indonesia dapat tetap terlihat cantik alami sekaligus mempertahankan budaya bangsa dengan mengenakan baju berbahan batik dengan gaya yang modern.

II. Visi
Mewujudkan wanita Indonesia yang berbudaya namun tetap modern. Serta mendapatkan keuntungan yang besar dari penjualan baju-baju yang didesain sendiri dengan inovasi yang berbeda.

III. Misi
i. Merancang busana bergaya modern dengan bahan utama kain batik
ii. Merancang aksesoris yang bermotif batik
iii. Menyediakan fasilitas salon kecantikan dengan bahan alami

IV. Alasan dan Tujuan Bisnis
Tujuan saya mendirikan usaha bisnis ini adalah memperkenalkan budaya batik kepada wanita Indonesia agar wanita Indonesia dapat mencintai budaya sendiri tanpa harus ketinggalan zaman. Alasan saya mendirikan usaha bisnis ini adalah karena sebagian besar wanita Indonesia khususnya di daerah perkotaan saat ini lebih menyukai gaya yang berkiblat pada budaya barat. Oleh karena itulah saya berusaha membangkitkan kembali gairah berbudaya wanita Indonesia dengan mengenakan busana batik yang modern.

B.Identitas Usaha

I. Nama Perusahaan : Butik Batik “WOW”
Nama butik “WOW” adalah singkatan dari Wonderful of Women, yang artinya mengandung makna bahwa di dalam diri wanita terdapat hal yang menakjubkan.

II. Lokasi Perusahaan
Alamat : Jl.Kemang Blok D no. 27, Jakarta.
Telepon/fax : 021-26002716
E-mail : http://www.butikbatikwow.com
Facebook : Butik Batik WOW
Twitter : @butikbatikWOW

III. Jam Kerja Perusahaan
Senin-Jumat : pukul 10.00-pukul 20.00
Sabtu-Minggu : pukul 08.00-pukul 21.00
C.Modal Usaha

I. Arus Kas
i. Pengeluaran
Kain batik Rp.152.000.000,-
30 Patung manekin Rp.16.000.000,-
4 AC Rp.12.000.000,-
2 Televisi Rp.3.000.000,-
2 sofa Rp.2.500.000,-
4 Karpet Permadani Rp.1.500.000,-
Peralatan kecantikan Rp.7.000.000,-
Lemari Baju Rp.5.000.000,-
1 komputer kasir Rp.3.500.000,-
Aksesoris Batik Rp.5.000.000,-
Renovasi bangunan Rp.150.000.000,-
Gaji 8 pegawai Rp.20.000.000,-
Beban TAL Rp.1.000.000,-

TOTAL Rp.378.500.000,-
ii. Pemasukan
Pendapatan belum dapat ditentukan karena usaha ini belum berjalan dan masih pada tahap perencanaan.

II. Sumber Dana
Tabungan Pribadi Rp.300.000.000,-
Pinjaman Bank Rp.78.500.000,-

TOTAL Rp.378.500.000,-

D.Analisis SWOT

Internal Kekuatan Kelemahan Peluang Ancaman
• Fasilitas yang nyaman dan memadai
• Tenaga kerja ahli yang telaten
• Manajemen yang teratur
• Senantiasa melakukan inovasi terbaru dalam mendesain pakaian • Pengalaman dalam mengelola perusahaan masih sangat terbatas
• Banyak budaya barat yang dapat menekan ide kreatif dalam mendesain pakaian • Suasana butik yang nyaman dapat membuat pengunjung nyaman pula
• Adanya fasilitas perawatan kecantikan alami • Integritas karyawan yang belum dapat dikenal secara baik
Eksternal Kekuatan Kelemahan Peluang Ancaman
• Lokasi strategis
• Mendapat dukungan yang baik dari masyarakat sekitar • Kurang populernya bahan batik di kalangan masyarakat
• Banyak pakaian produk luar negeri yang jauh lebih populer dan sudah lama menjadi favorit masyarakat • Adanya peningkatan permintaan dari masyarakat yang mulai menyadari pentingnya mempertahankan budaya dengan berbusana batik
• Banyaknya butik di sekitar lokasi BUTIK BATIK WOW
• Terjadinya krisis financial yang dapat menurunkan daya beli masyarakat

E.Perencanaan Taktis
Berikut ini adalah perencanaan taktis yang akan dilakukan oleh perusahaan :
• Melakukan promosi melalui media cetak maupun online.
• Memberikan pengarahan kepada pegawai agar memiliki kinerja yang profesional.
• Menyortir setiap bahan baku kain batik yang masuk.
• Mendesain baju dengan model terkini.
• Memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen.
F.MANAJEMEN

Komponen organisasional yang akan diterapkan adalah :

• Satu orang Direktur Utama
(Vierena Tirza Dwivantiara)
Bertanggung jawab atas kelancaran keseluruhan proses produksi dan pemasaran, menciptakan sistem produksi dan pemasaran, melakukan negosiasi bisnis, mencari investor, dan menetapkan kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan pengembangan perusahaan dengan dibantu oleh para manajernya.

• Satu orang Administrasi dan Keuangan
(Risya Monica)
Bertanggung jawab mencatat transaksi dan melayani pembayaran, serta melakukan analisis keuangan.

• Satu orang Manajer Butik & tempat perawatan kecantikan alami (Dermawati Koesuma)
Bertanggung jawab atas kelancaran pengelolaan serta koordinasi karyawan dengan pelanggan dan perawatan aset.

• Tiga orang karyawan yang melayani customer
(Ranny Meisya, Dwita Nurhilfa, Nadya Kartini)
Bertugas melayani permintaan customer dan menginformasikan kualitas setiap produk yang dijual.

• Dua orang ahli perawatan kecantikan tradisional
(Lusiana Dewi dan Debora Ardi)
Bertugas melayani permintaan perawatan kecantikan serta bertanggung jawab atas pelayanan fasilitas tambahan (salon kecantikan).

• Satu orang Security
(Ucup Sumadri)
Bertanggung jawab menja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s